Friday 3 July 2015

Olahraga di Bulan Puasa

Bulan puasa telah tiba. Bulan yang banyak dinantikan kaum muslimin di Indonesia, karena dianggap sebagai bulan penuh berkah. Baik berkah materi maupun berkah non materi. Berkah materi karena sebagian besar pekerja mendapatkan gaji lebih atau biasa disebut Tunjangan Hari Raya. Sedangkan berkah non materi seperti bisa pulang lebih cepat karena jadwal kantor atau jadwal sekolah yang disesuaikan/dikondisikan, sampai situasi kondisi dimana sebagian orang harus menahan hawa nafsu amarah, syahwat dan lain sebagainya yang dianggap menjadikan bulan yang penuh kedamaian dan ketentraman.
Pada bulan puasa juga biasanya orang menahan kesibukan atau kegiatan yang menguras energi, tenaga dan keringat. Hal ini disebabkan kondisi dimana kita harus fit sampai sore saat berbuka puasa. Salah satunya adalah mengurangi jadwal berolahraga. Tetapi alangkah baiknya kita sama sekali tidak menghilangkan semua kegiatan olahraga ini. Karena pada dasarnya olahraga justru menjaga kondisi badan tetap bugar dan fit, asalkan tidak terlalu diforsir.
Olahraga yang cocok di bulan puasa antara lain jogging setiap pagi atau sore, yoga, bersepeda, sit-up dan lain-lain yang bisa dilakukan dengan santai dan berirama perlahan. Sementara olahraga yang kurang cocok dilakukan misalnya berenang, bermain bola, basket, skotjump, push up, fitness dan lain-lain yang cenderung banyak menggerakkan anggota tubuh dengan keras dan cepat. Berenang sebenarnya bisa perlahan dan tidak terlalu menguras energi, tetapi yang dikhawatirkan adlah air kolamnya terminum yang bisa menyebabkan batalnya puasa.Sehingga lebih baik olahraga tersebut dihindari kecuali berenang sehabis berbuka puasa atau dimalam hari.
Olahraga pun sebaiknya dilakukan di pagi hari sesudah subuh dimana udara masih dalam keadaan sejuk dan sedikit polusi, sehingga baik untuk pernafasan. Atau di sore hari ketika matahari tidak lagi bersinar menyengat dan menyerap energi kita. Hindari olahraga di tengah hari yang terik apalagi di luar ruangan langsung di bawah terik matahari. Hal itu akan sangat menguras energi kita sehingga akan menjadikan badan cepat lemas karena kita sudah hampir 10 jam tidak kemasukan air minum, dan masih lama pula untuk tubuh mendapatkan cairan.
Olahraga di bulan puasa??? Siapa takut!!!

No comments:

Post a Comment