Friday 10 July 2015

Mengatasi Rasa Takut dan Malas Berenang



Siapa yang tidak ingin bisa berenang? Hampir dipastikan semua orang mau dan ingin sekali bisa berenang, apalagi jika melihat di film-film dimana ada adegan artisnya berenang di kolam renang pribadi atau kolam renang hotel dengan santai dan terlihat sangat menikmati. Rasanya sangat nyaman dan menyenangkan bisa berenang seperti itu. Tetapi untuk belajar berenang tidak semua orang bisa melaksanakannya. Kebanyakan terkendala rasa takut air, takut kedalaman, dingin, malas, tidak sempat dan lain-lain.


Sebenarnya faktor-faktor penghambat tersebut bisa diminimalkan, dengan beberapa pemahaman dibawah ini:

  1. Kebanyakan rasa takut adalah sugesti yang tertanam di dalam fikiran bawah sadar kita. Karena itu lawanlah sugesti rasa takut dengan rasa berani. Kita bisa bergerak, kita mahluk hidup dan bisa menyelesaikan masalah, sedangkan air adalah benda mati yang bisa kita tangani keberadaannya. 
  2. Jelaskan kepada pelatih Anda tentang rasa takut Anda, dan biarkan dia dengan berbagai teorinya untuk menenangkan Anda, dan terimalah dengan fikiran sehat dan terbuka apa yang dikatakan pelatih Anda. 
  3. Fahamilah bahwa tubuh manusia terdiri dari 70% air, sehingga sebenarnya anggota tubuh kita ini mudah bersatu dan beradaptasi dengan air. 
  4. Fahami juga bahwa air bisa masuk dengan mudah ke dalam rongga atau lubang. Oleh sebab itu, tutuplah rapat-rapat “anggota tubuh” Anda dengan cara “menutup jalan nafas” atau menahan nafas, jika Anda merasa mau tenggelam. Rasakan bahwa apabila Anda menahan nafas, otomatis badan Anda akan mengapung dengan sendirinya. Apabila Anda berlatih berenang di laut, hal ini akan jadi lebih mudah lagi, karena Berat Jenis air laut yang lebih berat daripada Berat Jenis air di dalam tubuh kita, menyebabkan kita pasti mengapung, bahkan dengan hanya sedikit/sebentar saja menahan nafas. 
  5. Jika Anda berlatih dengan pelatih Anda akan berlatih di tempat yang dalam, karena memang tempat yang dalam akan menyebabkan pergerakkan badan Anda lebih ringan sehingga Anda akan bisa lebih cepat mahir. Jika Anda berlatih sendiri berlatihlah di pinggiran yang dangkal, kecuali Anda sedang berpartner dengan teman Anda. Hal ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan apabila terjadi kepanikan pada saat berenang. 
  6. Untuk mencegah rasa takut akan dinginnya air, cobalah pemanasan yang cukup sebelum Anda menceburkan diri ke dalam air. Jika badan Anda sudah terasa hangat dan persendian sudah terasa lemas, Anda bisa mengurangi rasa dingin tersebut. Sebenarnya yang menyebabkan rasa dingin malahan angin di sekitar kita. Karenanya jika Anda sudah berada didalam air, jangan keluar dulu sebelum acara berenang Anda selesai, karena bisa dipastikan Anda akan merasa lebih dingin daripada saat Anda didalam air, yang akan menyebabkan Anda malas untuk kembali ke dalam air. 
  7. Untuk mencegah rasa malas, ingatlah bahwa berenang merupakan salah satu olahraga yang sangat bermanfaat saat ini dan di kemudian hari untuk Anda. Apabila Anda seorang Muslim, Anda harus tahu bahwa berenang adalah termasuk salah satu olahraga yang disunnahkan Nabi diantara 4 olahraga, yakni: Lari, Berkuda, Panahan dan Berenang. Jika Anda melaksanakan olahraga renang ini, artinya Anda melaksanakan sunnah agama yang sama saja dengan beribadah dan Anda mendapatkan dobel keuntungan yaitu pahala dan kesehatan. 
  8. Berenang juga merupakan olahraga yang sangat baik untuk tubuh karenan semua organ tubuh baik didalam atau diluar digerakkan semuanya. Sistem pernafasan akan menjadi terarah, pergerakkan sendi dan otot juga akan maksimal. Karena kebanyakan berenang juga dilaksanakan bersama dengan kerabat atau teman, maka berenang juga bisa menjadi olah batin yang sangat bermanfaat. Silaturrahmi dan keceriaan akan senantiasa terjalin diantara Anda dan orang-orang disekitar Anda. Apabila Anda berangkat sendiri ke kolam renang, jalinlah keakraban dengan sesama pengunjung kolam yang akan menyebabkan Anda bisa bertukar fikiran tentang acara renang dan hal lainnya yang menyenangkan. 
  9. Pakailah pakaian renang yang sesuai sehingga Anda akan merasa bersatu dengan suasana dan situasi kolam renang dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar Anda. Pakaian yang tidak sesuai akan menyebabkan Anda sedikit malu sehingga takut untuk berinteraksi dengan orang baru lainnya.

Demikianlah tips-tips dari kami, semoga bisa bermanfaat.

No comments:

Post a Comment