Sunday 5 July 2015

Wisata Bermain untuk Anak

Ada orang bijak yang bilang, seandainya kita selamanya menjadi anak-anak mungkin didunia ini tidak akan ada yang namanya masalah, perang, kejahatan kriminal dan lain-lain yang sangat mengerikan. Karena namanya anak-anak, dimana-mana pasti senang bermain. Di dalam rumah, di jalanan, di dalam mobil bahkan jika Anda pernah mengajaknya ke dalam rumah ibadah atau ke acara yang resmi, tetap saja mereka mencari celah untuk bermain. Mereka sejatinya tidak pernah memikirkan hal-hal berat selain kesenangan dan permainan.

Berikut tips yang aman untuk bermain dimanapun berada.
1. Pastikan tidak ada benda berbahaya seperti benda tajam, benda yang mudah terbakar, listrik atau benda yang bisa menjerat mereka.
2. Apabila anak senang bermain jauh-jauh dari Anda, yakinkan mereka bahwa mereka harus tetap bisa melihat kita sehingga tidak akan tersesat
3. Camkan bahwa permainan mereka tidak mengganggu orang lain di sekitar mereka

Diluar itu sepertinya mereka bebas-bebas saja bermain. Sebaiknya anak-anak juga sering diajak menghirup udara segar sekaligus melihat pemandangan diluar rumah supaya tidak jenuh. Lebih baik lagi apabila sedang diluar mereka juga bisa mengenal lebih dalam lingkungan lain sehingga nantinya mereka akan mudah beradaptasi. Anak yang bahagia pada dasarnya adalah anak yang tidak terkekang, bisa bermain dan berbuat pada tempatnya sebagai anak-anak, tetapi tetap mendapat tuntunan, perhatian serta arahan dari orang tuanya.
Apabila mereka bermain terus tetapi orang tua tidak pernah ada disekitar mereka ditakutkan nantinya mereka akan menjadi pribadi yang bebas tanpa tanggung jawab. Karena itu pendidikan lisan dari orang tua sangatlah perlu, bahkan pada saat mereka bermain. Cuma saja menanamkannya tidak formal seperti buku-buku di sekolah.
Saat ini kita sudah sangat dimudahkan dengan adanya berbagai macam jenis wisata untuk anak-anak. Dari mulai wisata alam, seperti memandikan hewan ternak, memberi makan anak hewan, naik kuda poni dan lain-lain. Wisata wahana seperti kolam renang, outbond dan lain-lain juga sangat menjamur, bahkan sekarang sudah mencapai pelosok dan pedalaman. Tidak ketinggalan wisata didalam ruangan seperti ice skating, karaoke keluarga, timezone dan lain-lain yang juga pada intinya bisa menggembirakan dan memberikan pengalaman baru serta refreshing anak-anak. Yang terpenting dari semua itu adalah menanamkan kepada mereka bahwa apa saja bisa membahagiakan mereka asal dinikmati dengan ceria dan selalu mensyukuri yang kita miliki.

No comments:

Post a Comment