Tuesday 16 June 2015

Bila Musim Hujan Datang

Indonesia merupakan negara yang memiliki dua macam musim, yaitu musim panas atau musim kemarau dan musim dingin atau musim hujan. Hal ini disebabkan karena Indonesia terletak pada garis khatulistiwa , yaitu garis yang merupakan garis linear tengah bumi atau garis yang selalu dilintasi matahari sepanjang tahun. Sehingga bisa dibilang matahari akan selalu berada dekat pada negara kita, yang menyebabkan Indonesia tidak akan pernah mempunyai salju. Hal ini berkebalikan dengan daerah kutub dimana berada sangat jauh dari lintasan matahari, yang menyebabkan salju ada sepanjang tahun.
Adanya dua musim saja di Indonesia menyebabkan pakaian warganya pun tidak terlalu ribet karena tidak perlu punya berbagai macam koleksi yang khusus untuk musim yaang berbeda. Hanya pakaian yang biasa untuk musim panas atau kemarau, dan tambahan jaket atau sweater pada saat musim hujan.
Saat musim hujan datang, umumnya perlengkapan yang dibawa orang di Indonesia ketambahan sedikit, seperti tambahan payung di dalam tas, jaket atau sweater, serta jas hujan atau raincoat. Apabila hujan terjadi sepanjang hari, umumnya semua peralatan dibawa setiap hari juga. Baik ke kantor maupun ke sekolah oleh anak-anak pelajar. Terlihat warna-warni motif dan corak yang menarik di sepanjang jalan.
Apalagi anak pelajar seusia anak Taman Kanak-Kanak atau anak Sekolah Dasar, mereka biasanya senang sekali apabila musim hujan datang. Aneka jas hujan karakter dengan warna-warni cerah khas anak-anak akan mereka pakai dan pamerkan kepada teman-temannya. Begitu juga dengan aneka payung dengan gambar motif dan karakter khas anak-anak. Bermain basah-basahan, ciprat-cipratan air, dan becek-becekan pun akan semakin seru. Walaupun demikian, pakaian sekolah dan tas mereka tetap aman terlindung dari air hujan yang membasahi.

No comments:

Post a Comment